Jumat, 18 Oktober 2013

SOTO KIKIL ALA LADYMATE



Sahabat wanita, anda tentu mengenal kikil bukan? Ya, daging yang diambil dari kulit kaki sapi. Kikil biasanya dijadikan campuran rujak khas jawa timuran. Rujak kikil namanya. Kikil sapi bisa kita temukan di pasar tradisional, kikil sapi biasanya dijual sudah matang. Kikil yang rasanya nikmat dan lezat ini, bisa juga di masak soto! Baiklah sahabat wanita, di bawah ini akan saya uraikan bahan-bahan dan cara-cara masak soto kikil ala Ladymate ini:


Bahan-bahan yang harus di persiapkan:
~ 1/2 kg kikil sapi
~ Lontong
~ Sambal bajak / kemiri
~ Kecap manis
~ Kecap asin
~ Daun seledri
~ Jeruk nipis


Bumbu-bumbunya
~ 6 butir bawang merah
~ 6 siung bawang putih          
~ 5 butir kemiri
~ 1 sdt ketumbar
~ 1 cm kunyit
~ 2 cm jahe
~ sedikit merica bubuk
~ 3 cm laos
~ 3 lbr daun jeruk
~ 1 btg serai ambil putihnya
~ 1 btg bawang pre
~ Garam, pepsin, kaldu bubuk rasa sapi  secukupnya dan 1 sdt gula pasir.

  Cara membuatnya:
  • ·    Rebus sebentar kikil yang sudah masak dengan air secukupnya, lalu masukkan daun jeruk, laos dan serai  yang sudah dikepruk
  • ·    Semua bumbu dihaluskan kecuali laos, daun jeruk, serai dan bawang pre
  • ·    Siapkan minyak di wajan untuk menumis bumbu yang sudah dihaluskan, setelah harum aromanya dan berubah warna, masukan bawang pre yang sudah diiris kasar. Aduk sebentar lalu angkat dan masukan ke dalam rebusan kikil. Tambahkan garam, merica bubuk, pepsin, kaldu bubuk dan gula pasir. Setelah mendidik angkat.

        Cara penyajian: Siapkan lontong di mangkok. Tuang soto yang masih panas di atasnya. Tabur irisan daun seledri dan bawang goreng. Tambakan sedikit air jeruk nipis dan sambalnya + kecap jika suka.

OK… SELAMAT MENCOBA!




0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog List