Minggu, 13 Oktober 2013

BUBUR KACANG MERAH ALA LADYMATE


Sahabat wanita, anda tentu sudah mengenal nama kacang-kacangan yang satu ini. Ya, kacang merah. Kacang merah banyak kita temukan Di pasar tradisional atau di supermarket. Kacang merah adalah makanan yang bergizi tinggi, karena kaya akan protein dan mineral. Karena tekturnya yang lembut, bubur kacang merah cocok sekali bila kita sajikan untuk sarapan pagi. Baiklah sahabat wanita di sini akan saya uraikan hahan-bahan dan bagaimana cara membuat bubur kacang merah ala Ladymate ini.

Bahan-bahan yang harus kita persiapkan


1. 250 gram kacang 
     merah
2. 250 gram beras ketan 
     putih
3. 250 gram gula pasir
4. 150 gram gula merah
5. ½ biji kelapa perut
6. ½ sdm garam
7. 3 lbr daun pandan
8. Air secukupnya



Cara membuatnya
  • Rendam kacang merah selama semalam, cuci bersih lalu rebus dengan sedikit air selama 5 menit. Buang air rebusan, ganti dengan air baru lalu rebus kembali sampai matang.
  • Cuci bersih beras ketan, lalu bikin bubur, aduk terus agar bubur tidak gosong dengan api sedang, jangan lupa masukan 2 lbr daun pandan, kalau sudah lembek masukan kacang merah berasama airnya, kalau masih tersisa,  masukan gula merah + gula pasir, aduk terus sampai bubur mengental, lalu angkat.
  • Peras parutan kelapa dengan 400 ml air. Rebus santan dengan api sedang sambil di aduk-aduk agar santan tidak pecah, jangan lupa masukan garam dan 1 lbr daun pandan. Kalau sudah mendidih angkat.
Cara penyajian
Tuangkan santan di atas bubur kacang merah, jika hendak disajikan.

SELAMAT MENCOBA!

Samarinda, 13 Oktober 2013.
By : Ino Sugianto

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog List