Rabu, 23 Oktober 2013

ONSENG JANTUNG PISANG HOT ALA LADYMATE

Bagi sahabat wanita yang tinggal di pedesaan, jantung pisang dapat kita temukan di pekarangan rumah, atau di kebun belakang rumah, sehingga kita tidak usah membeli jika ingin memasak jantung pisang. Tapi di kota besar apalagi di kota Samarinda jantung pisang yang besar di pasar tradisional harganya mencapai Rp. 10.000 s/d Rp. 15.000. Di supermarket harga jantung pisang bisa mencapai Rp. 20.000 s/d Rp 30.000.
Tapi sahabat wanita, saya bukannya ingin membahas harga jantung pisang yang harganya selangit, sedangkan di desa jantung pisang berbuangan, seperti nggak ada harganya sama sekali. Padahal kalau kita bisa memanfa’atkan, jantung pisang bisa diolah menjadi masakan yang lezat dan nikmat.

Cara merebus jantung pisang.

Sebelum direbus jantung dibersihkan, buang kulitnya yang berwarna merah hingga tinggal yang berwarna gading. Cuci bersih dan rebus.
Didihkan air secukup kira-kira jika jantung pisang bisa tercelup air seluruhnya, Tuangkan satu sendok gula pasir, agar warna jantung pisang tetap kelihatan cantik dan tidak kehitam-hitaman jika sudah matang. Masukan jantung pisang ke dalam air yang sudah mendidih. Jika jantung pisngnya besar, sebaiknya jantung pisang dibelah menjadi dua, agar jantung pisang cepat matang.
Jika sudah lembek, itu berarti jantung pisang sudah matang, tiriskan. Tunggu sampai dingin, lalu remas-remas jantung pisang yang sudah matang sampai kandungan air di dalamnya tak ada lagi.

Bumbu yang harus anda persiapkan.


Garam secukupnya.
Bawang putih 4 siung
Bawang merah 5 butir
Cabe merah 2 biji
Cabe rawit 6 biji
Cabe rawit hijau 10 biji.
Kecap manis 1 sdm
Saus tiram 1 sdt
Pepsin jika suka
Segenggam udang ebi kecil digoreng

Cara membuatnya.

Keprok bawang putih, lalu iris tipis. Iris bawang merah. Lombok merah dan cabe iris serong. Cabe rawit hijau dipotong serong jadi dua. Sumua irisan bumbu ditumis dengan minyak panas, kalau berubah warnanya dan harum aromanya tambahkan sidikit air terus masukan jatung pisang dan tambahkan udang ebi yang sudah digoreng, garam, pepsin, kecap dan saus tiram, aduk-aduk, kalau sudah mengental angkat dan hidangkan.

Selamat mencoba!


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog List