Kamis, 14 November 2013

BAKSO ALA LADYMATE

Sahabat wanita… tentunya anda tidak asing lagi dengan menu makanan yang satu ini. Menu yang disukai oleh berbagai lapisan masyarakat, baik tua, muda ataupun anak-anak. Karena selain rasanya nikmat menu makanan ini harganya dapat dijangkau oleh siapa saja, menu masakan ini juga dapat kita temukan dimana-mana. Di rumah-rumah makan, di PKL jalan atau di pedagang keliling.

Baiklah sahabat wanita, saya akan bagikan bagaimana cara pembuatan bakso dan pentolnya.

Untuk bikin pentolnya, anda tidak usah repot mengiling dagingnya. Di pasar-pasar tradisional anda dapat temukan depo jasa pembuatan pentol. Kita tinggal membawa dagingnya saja, depo tersebut biasanya menyediakan tepung bakso plus bumbunya. Depo jasa penggilingan daging ini, akan membuatkan adonan pentol sesuai dengan selera anda.

Setelah menjadi adonan anda bisa membikin pentol baksonya. Caranya mudah saja, anda tinggal mendidihkan air di panci yang agak besar, kalau sudah mendidih matikan kompor. Lalu bentuk pentolnya dengan menggenggam adonan dengan tangan kiri anda. Dari genggaman tangan kiri anda akan keluar adonan dari celah lobang antara ibu jari dan jari telunjuk anda berbentuk bulat, ambilah bulatan adonan yang berbentuk bulatan pentol itu dengan sendok dengan tangan kanan anda, lalu masukan kedalam air panas tadi. Lakukan hal serupa hingga adonan habis.

Kalau sudah hampir penuh dengan bola-bola pentol di dalam air panas tadi, rebus kembali air panas yang berisi bola-bola pentol tadi sampai mendidih. Nah…jika sudah mendidih angkat pentol-pentol yang sudah matang dan tiriskan.

Jika anda membuat 1kg daging, anda bisa menjadi kira-kira 100 biji pentol sebesar lebih kecil dari bola tenis meja, dengan rasa daging yang lebih dominan dari tepungnya. Jika untuk makan sekeluarga anda tak perlu masak sekaligus, tapi anda bisa menyimpannya sebagian untuk lain waktu.

Bumbu kuah bakso dan cara membuatnya:
  • 7 siung bawang putih diiris tipis-tipis, lalu digoreng, haluskan.
  •  1 kg tulangan sapi rebus air secukupnya.
  •  2 btg bawang pre
  • Garam secukupnya
  • Kaldu sapi bubuk
  • Pepsin sesuai selera

Cara membuatnya:

Rebus tulangan dengan air sampai mendidih, lalu masukan bawang putih goreng yang sudah dihaluskan. Tambahkan irisan bawang pre, garam, kaldu sapi bubuk dan pepsin. Masukan beberapa pentol bakso yang akan di sajikan ke dalam kuah.

Pelengkap sajian bakso:
  •           Bawang goring
  •           Irisan seledri
  •           Mie + soun
  •          Kecap manis + kecap asin
  •          Saos.

Nah sahabat Ladymate… itulah rangkaian cara memasak dan penyajian bakso ala Ladymate yang bisa saya bagikan kepada anda. Memang agak rumit dibandingkan bila kita beli di warung atau di tukang bakso keliling. Tapi jika kita bisa membuat sendiri untuk menu hari-hari special keluarga kita, tentu ada suatu kebanggaan tersendiri bagi kita.

SELAMAT MENCOBA!


0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog List