Senin, 03 Februari 2014

Bubur ketan hitam campur ala Ladymate

Sahabat.... Ladymate
Pada saat liburan tentu sangat membosankan kalau tidak ada kegiatan. Itulah sebabnya saya selalu memanfa'atkan liburan dengan memasak makanan buat sekeluarga. Saya buat bubur ketam hitam dengan vasiasi kacang hijau dan kacang merah.

Baiklah sahabat Ladymate, disini akan saya bagikan bahan-bahan dan cara pembuatan bubur ketan hitam ini.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  1. 1/2 ketan hitam
  2. 1/4 kacang hijau
  3. 1/4 kacang merah
  4. 1/4 gula pasir
  5. 1/4 gula merah
  6. 1/2 buah kelapa parut
  7. 100 gram tepung terigu
  8. Garam secukupnya.
  9. 3 lembar daun pandan masukan kedalam rebusan bubur dan santan.
Cara membuatnya:
  1. Ketan hitam direndam dicuci bersih, rendam dulu kira-kira 2 jam lalu rebus sambil diaduk hingga minjadi bubur, sebelum bubur diangkat masukkan gula merah, aduk lagi sentar lalu angkat.
  2. Kacang ijo dicuci bersih, direndam kira 2 jam lalu direbus sampai empuk, tambahkan gula pasir aduk rata. Campur tepung terigu dengan segelas air masak, aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam rebusan kacang hijau. Aduk rata hingga bubur kacang hijau mengental lalu angkat.
  3. Redam kacang merah kira-kira semalam, cuci bersih rebus dengan sedikit air kira-kira 3 menit, tiriskan lalu rebus lagi hingga kacang merah benar-benar matang.
  4. Peras kelapa parut dengan 500 ml air, rebus dan tambakan sedikit garam, aduk agar santan tidak pecah, jika sudah mendidih angkat.
Cara menyajikan :
Anda bisa menyajikan bubur ini dengan cara dicampur seperti pada gambar di atas tambahkan santan pada bagian yang terakhir. Anda bisa menyimpan bubur ke dalam kulkas dan menyajikan kapan saja anda suka.

SELAMAT MENCOBA!

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog List