Jumat, 24 Januari 2014

BOTOK LANTORO ALA LADYMATE

Sahabat Ladymate...
Ada kuliner asli Jawa Timuran yang sebagian orang merindukan masakan ini, tetapi jarang kita temukan di warung-warung makan. Apalagi di tempat perantauan seperti saya ini. Karena kuliner ini selain cara pembuatannya agak rumit, juga memerlukan bahan yang jarang kita temukan di pasar. Cara membungkus botok dengan daun pisang juga memerlukan keahlian khusus. Kalau tidak bisa botok akan bocor di sana-sini. Itulah sebab kuliner jarang di warung-warung makan.

Baiklah sahabat Ladymate...

Ayo... kita belajar membuat menu botok khas Jawa Timuran sesuai dengan selera. Di sini saya akan pilihkan salah satunya, yaitu botok lantoro.
Lantoro adalah sejenis pete yang bijinya berukuran kecil. Lantoro jarang kita jumpai karena sayur ini tidak selalu musim. Kalau pas musimnya banyak kita jumpai di pasar tradisional, tetapi kalau tidak sedang musimnya jangan harap anda temukan.

Botok lantoro tentu bukan lantoro saja bahan yang kita butuhkan, akan tetapi ada banyak bahan lain yang untuk campuran, agar rasanya lebih nikmat dan variatif.

Bahan-bahan tersebut antara lain: teri kering ukuran kecil, tahu dan tempe.

Bumbu-bumbu yang dihaluskan :bawang putih, bawang merah, lombok keriting, cabe rawit, laos, kunyit dan daun jeruk.

Bahan-bahan pelengkapnya : kelapa parut yang masih muda + airnya, daun kemangi, lombok hijau diiris-iris sesuai selera dan daun pisang dan potongan lidi (tusuk gigi juga bisa) untuk membungkus botoknya.

Cara membuatnya :
  1. Masukan kelapa parut ke dalam bumbu yang sudah haluskan, penyet-penyet dengan ulekan agar kelapa parut tercampur rata dengan bumbu, tambahkan air kelapa, garam, gula pasir dan pepsin secukupnya, aduk rata.
  2. Masukan tahu dan tempe yang sudah diiris dadu, teri, irisan lombok hijau dan daun kemangi, aduk hingga rata. (cicip dulu rasanya, agar kita dapatkan rasa yang pas, jika botok sudah matang)
  3. Bungkus campuran botok dengan daun pisang dan lupa bungkusan botok dirapatkan (dikunci) dengan potongan lidih (beting : bahasa jawa) atau tusuk gigi, agar bungkusan tidak lepas dan isinya.
  4. Kukus botok di dalam dandang selama 25 menit, angkat dan hidangkan
d        Itulah sahabat Ladymate, rangkaian pembuatan botok     lantoro ala Ladymate yang saya bagikan kepada             anda.

S       SELAMAT MENCOBA!                  





0 komentar:

Posting Komentar

 

Blog List